Cerita di Balik SMA Negeri 2 Brebes

Lanjut kemana yah? SMA/SMK/MA? Sekolah menengah atas yang bagus di Kabupaten Brebes mana yah? Mahal ga biayanya?

Itulah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan oleh para siswa kelas 9 yang sebentar lagi otw lulus dari SMP/MTS dan ingin melanjutkan ke jenjang sekolah menengah atas.


Tulisan saya berikut merupakan pengalaman pribadi saya dan mungkin akan menjawab pertanyaan diatas..

Oke langsung saja tanpa berbasa basi lagi, 
Awal cerita bermula..

Tak kusadari hampir 3 tahun sudah saya mengampuh pendidikan di salah satu Sekolah menengah atas yang ada di Kabupaten Brebes yaitu SMP Negeri 1 Brebes, detik detik pengumuman kelulusan akan segera keluar
Setelah saatnya tiba bersyukur mengucap alhamdulillah dengan nilai ujian nasional yang saya dapatkan. Untuk melanjutkan ke jenjang sekolah menegah atas saya tidak terlalu pusing, karena saya sudah mempunyai salah satu pilihan yg pilihan itu sendiri sudah saya impikan sejak dari awal masuk SMP.

Yaapp.. Pilihan itu adalah saya ingin melanjutkan pendidikan di SMA Negeri 2 Brebes yang merupakan salah satu sekolah menengah atas terbaik di Kabupaten Brebes.


SMA Negeri 2 Brebes
SMA Negeri 2 Brebes

  • Apa sih SMA Negeri 2 Brebes?
SMA Negeri 2 Brebes atau lazimnya disebut dengan SMANDABES adalah satu sekolah menengah atas negeri di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Sekolah yang terletak di Jalan Jend.Ahmad Yani no.77 Brebes ini adalah sekolah unggulan yang ada di Kabupaten Brebes dan dianugerahi sebagai Sekolah Adiwiyata dan Sekolah Ramah Anak. Tidak seperti kebanyakan sekolah pada umumnya, baru - baru ini SMA Negeri 2 Brebes menggunakan sistem SKS yang dimana pendidikannya dapat ditempuh selama kurun waktu 2 tahun dengan pilihan program MIPA dan IPS.

  • Kenapa pilih SMA Negeri 2 Brebes?
Siswa mana yang tidak ingin bersekolah di sekolah favorit di Kabupaten Brebes, punya segudang prestasi, fasilitas yang lengkap dan nyaman banget buat belajar? Maka dari itu saya pilih SMA Negeri 2 Brebes sebagai tempat untuk menata masa depan menuju lebih baik. Bukan hanya itu, baru - baru ini SMA Negeri 2 Brebes akan menerapkan sistem SKS

SKS sendiri adalah sistem penyelenggaraan program pendidikan yang membebaskan murid untuk bisa menentukan sendiri berapa banyak beban belajar yang akan diikuti tiap semesternya. Berbeda dengan kurikulum biasa, yang masih memberikan keleluasaan pada sekolah untuk merancang beban belajar yang akan diberikan pada siswanya. 

  • Mahal ga sih?
SMA Negeri 2 Brebes adalah sekolah negeri,  tentu saja murah, tidak seperti sekolah swasta yang akan merogoh kocek lebih dalam. Buat kalian yang berasal dari keluarga ekonomi menengah kebawah, jangan khawatir ada ko bantuan dari pemerintah. Misalnya Program BSM dari pemerintah, program ini diharapkan anak usia sekolah dari rumah-tangga/keluarga miskin dapat terus bersekolah, tidak putus sekolah, dan di masa depan diharapkan mereka dapat memutus rantai kemiskinan yang saat ini dialami orangtuanya.

  • Cara daftarnya gimana?
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia telah mengeluarkan sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online, yang dimana  sistem PPDB dilakukan dengan menggunakan sistem zonasi. Sistem zonasi itu adalah pembagian atau pemecahan suatu area menjadi beberapa bagian sesuai dengan fungsi dan pengelolaannya, tujuannya adalah supaya tidak ada lagi diskriminasi di lingkup sekolah, supaya objektif, supaya akuntabel, transparan, dan juga berkeadilan.

Untuk pendaftarannya melalui website https://jateng.siap-ppdb.com/

  • Bangga ga jadi siswa SMA Negeri 2 Brebes?
Buat kalian yang mempunyai bakat dan minat dibidang akademik maupun non akademik kalian dapat mengasahnya disini, menjadi suatu kebanggaan buat diri sendiri, keluarga, teman dan sekolah apabila dapat mengharumkan nama sekolah.

  • Nyesel ga sih sekolah di SMA Negeri 2 Brbes?
Jawaban saya adalah tidak sama sekali. Disana saya mendapatkan banyak teman yang beraneka ragam karakter, bukan hanya sekedar pengetahuan saja, mental, moral, dan akhlak kita juga dibina agar menjadi pribadi yang baik. Seiring bertambahnya usia berarti bagi saya untuk belajar lebih giat untuk mempersiapkan masa depan yang lebih baik. 
Mencari ilmu adalah ibadah dan upaya untuk meningkatkan derajat dimata Tuhan.



Post a Comment

1 Comments